Tuesday, August 12, 2014

Sambutan Ketua Kwarnas Pada Hari Pramuka ke-53 Tahun 2014

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kwarnas kembali merilis Sambutan Ketua Kwartir Nasional untuk peringatan Hari Pramuka ke-53 Tahun 2014. Sambutan ketua kwarnas ini menyoroti beberapa hal terkait dengan perkembangan kekinian dan rencana ke depan dari Gerakan Pramuka.

Sambutan KaKwarnas ini tentunya juga terkait dengan tema Hari Pramuka tahun 2014 yang diangkat. Dengan tema Mantapkan Pembentukan Karakter Kaum Muda Melalui Gugusdepan Terakreditasi, Gerakan Pramuka menegaskan komitmennya pada usaha pembentukan karakter bangsa yang lebih baik.

Baca :



Sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka tersebut telah dirilis di situs resmi Gerakan Pramuka, pramuka.or.id. Dalam sambutannya Kak Adhiyaksa Dault mengingatkan tiga moment penting dalam perkembangan Gerakan Pramuka di kurun 10 tahun terakhir. Yang pertama, pencanangan Revitalisasi Pramuka oleh Presiden RI pada peringatan Hari Pramuka tahun 2006. Kedua, ditetapkannya Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka yang semakin memperkuat legalitas Pramuka di Indonesia. Dan ketiga, dimasukkannya kepramukaan sebagai ekstra kurikuler wajib dalam kurikulum 2013 yang pemberlakuannya dimulai pada Juli 2014.

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka
Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka

Guna mengimplementasikan pendidikan kepramukaan tersebut, Gerakan Pramuka melakukan pembaruan sistem pendidikan. Kurikulum baru, akreditasi gugusdepan serta sertifikasi dan lisensi bagi Pembina pun disusun. Bahkan konsep-konsep tersebut telah dalam tahap ujicoba. Kedepan, akreditasi, sertifikasi dan lisensi akan diberlakukan secara nasional. Oleh karena itu, diharapkan pada 2015 akreditasi gugusdepan telah dapat diterapkan secara menyeluruh. Hasil dari proses tersebut, gugusdepan yang buruk kinerjanya akan dibina sehingga mencapai standar minimal dalam melaksanakan pendidikan kepramukaan.

Untuk menyimak sambutan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka pada peringatan Hari Pramuka ke-53 Tahun 2014 secara lengkap, baca dan didownload di SINI.


EmoticonEmoticon