Wednesday, July 23, 2014

JOTA JOTI Nasional dan Asia Pasifik 2014

JOTA-JOTI Nasional dan Asia Pasifik 2014 akan dilaksanakan secara bersamaan pada tanggal 1-3 Agustus 2014. JOTA atau Jamboree On The Air dan JOTI atau Jamboree On The Internet merupakan kegiatan tahunan yang dapat diikuti oleh semua anggota Gerakan Pramuka. Dalam setahunnya, terdapat dua kali pelaksanaan JOTA/JOTI yakni JOTA JOTI Nasional dan Asia Pasifik serta JOTA JOTI Internasional.

Tahun 2014 ini merupakan pelaksanaan JOTA atau Jamboree On The Air Nasional ke-75 dan Jamboree On The Internet Nasional ke-33. Sedangkan untuk JOTA/TOTI Asia Pasifik atau yang dikenal sebagai Asia-Pasific Regional Air/Internet Jamboree (APR-AIJ) Tahun 2014 adalah pelaksanaan yang ke-10.

JOTA/JOTI Nasional Tahun 2014 akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 1 Agustus 2014. JOTA dan JOTI perdana akan dimulai pada pukul 16.00 WIB dengan kegiatan tingkat nasional berpusat di Auditorium Kolam Renang Tirta Teja Taman Rekreasi Wiladatika, Jl. Jamboree, Cibubur, Jakarta Timur. Dan untuk pelaksanaannya di setiap daerah biasanya diselenggarakan di masing-masing Kwartir Cabang Gerakan Pramuka ataupun gugusdepan tertentu yang mendapatkan izin dari Kwartir Cabang.

Pramuka Bangladesh mengikuti APR Air/Internet Jambore 2013
Pramuka Bangladesh mengikuti APR Air/Internet Jambore 2013

Apa Itu JOTA-JOTI Nasional dan APR-AIJ?


JOTA-JOTI Nasional dan APR-AIJ adalah salah satu kegiatan rutin tahunan. Jota atau jambore di udara merupakan pertemuan antar pramuka dengan menggunakan sarana radio amatir, sedangkan Joti atau jambore di internet merupakan pertemuan antar pramuka (chat) dengan memanfaatkan sarana internet.
JOTA-JOTI Nasional yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional dan diikuti oleh semua pramuka se-Indonesia. Sedangkan Asia-Pasific Regional Air/Internet Jamboree (APR-AIJ) merupakan JOTA dan JOTI yang dilaksanakan oleh World Scout Bureau Asia-Pacific Region (WOSM Regional Asia Pasifik) dan diikuti oleh pramuka se-Asia-Pasifik.

Siapa yang Dapat Mengikuti JOTA dan JOTI 2014?

Logo JOTA/JOTI Nasional dan APR Air/Internet Jamboree 2014
Logo JOTA/JOTI Nasional dan APR Air/Internet Jamboree 2014


Siapa yang dapat mengikuti JOTA dan JOTI 2014? Semua anggota pramuka dapat mengikuti Jamboree On The Air Nasional ke-75, Jamboree On The Internet Nasional ke-33, maupun 10th Asia-Pasific Regional Air/Internet Jamboree (APR-AIJ).

Bagaimana Cara Mengikuti JOTA dan JOTI 2014?


Untuk mengikuti JOTA dan JOTI Nasional dan APR 2014 caranya sangat gampang dan mudah. Bahkan bagi anggota pramuka yang belum pernah mengikuti pada tahun-tahun sebelumnya sekalipun. Cukup dengan menghubungi dan mendaftarkan diri di Kwartir Cabang atau Dewan Kerja Cabang (DKC) di wilayahnya masing-masing. Di sana, oleh kakak-kakak Dewan Kerja peserta akan dipandu bagaimana cara mengikuti JOTA dan JOTI.

Cara berpartisipasi dalam JOTA dan JOTI secara lebih detail dapat juga dibaca dalam artikel : Cara Berpartisipasi dalam JOTA-JOTI.

Selamat berjambore di udara dan internet!

Add Comments


EmoticonEmoticon