Saturday, April 5, 2014

Arti Lambang Kwarda Kalimantan Timur

Arti lambang kwarda Kalimantan Timur sebagaimana kwartir daerah lainnya memiliki makna dan arti kiasan. Lambang atau logo kwarda Kalimantan Timur ini mencerminkan aspirasi dan cita-cita pramuka se Kwartir Daerah Kalimantan Timur.

Sebagaimana diketahui, setiap kwartir daerah Gerakan Pramuka memiliki lambang atau logo kwarda, disebut juga sebagai lencana daerah. Lambang ini merupakan salah satu bagian dari tanda satuan dalam sistem tanda pengenal Gerakan Pramuka. Sebagai tanda pengenal satuan, salah satu fungsi lambang kwarda adalah sebagai penanda lokasi atau kwartir daerah seorang anggota pramuka bergabung. Pemakai tanda kwarda Kalimantan Timur berarti anggota pramuka yang tergabung di kwarda Kalimantan Timur.

Selain sebagai penanda lokasi, lambang atau lencana daerah pun memiliki fungsi pendidikan. Salah satunya adalah sebagai cerminan atas semangat, aspirasi, dan cita-cita anggota pramuka di kwartir daerah tersebut. Pun demikian dengan logo Kwartir Daerah Kalimantan Timur. Fungsi tersebut dapat dilihat dari arti lambang kwarda Kalimantan Timur.


pramuka kalimantan timur


Bentuk Lambang Kwartir Daerah Kalimantan Timur

Lambang kwartir daerah Kalimantan Timur telah mengalami perubahan. lambang yang saat ini digunakan adalah hasil rancanga Kak Supriyatna yang telah digunakan sejak Nopember 1992. Pemberlakuannya didasarkan pada Surat Keputusan Kwartir Daerah Nomor : 27 Tahun 1992.

Lambang ini berbentuk perisai dengan sisi lurus mendatar sepanjang 6 cm dan panjang garis tinggi 8 cm. Jari-jari kelengkungan 4,2 cm dengan pusat kelengkungan berjarak 4 cm dari sisi mendatar dan 1,8 cm dari sisi kiri dan kanan.

Lambang kwarda Kalimantan Timur didominasi oleh warna dasar hijau dengan gambar hewan pesut berwarna putih, tunas kelapa berwarna merah, bintang berwarna kuning, dan tiga garis bergelombang berwarna putih. Di bagian atas terdapat tulisan "Kalimantan Timur" dengan warna merah di atas dasar berwarna putih. Perisainya diberikan bingkai berwarna hitam.

Lambang Kwarda Kalimantan Timur

Arti Kiasan Lambang Kwarda Kalimantan Timur

Warna-warna dalam lambang kwarda Kalimantan Timur mengandung arti kiasan, yaitu :
  1. Warna Hijau berarti kesuburan dan kekayaan alam. 
  2. Warna Hitam berarti kekuatan, kekokohan dan ketangguhan. 
  3. Warna Kuning berarti kemuliaan, keagungan dan kejayaan bangsa. 
  4. Warna Merah berarti semangat perjuangan yang menyala. 
  5. Warna Putih berarti kesucian hati, keindahan perasaan, budi pekerti yang luhur dan moral yang tinggi. 
Selain pada warna, gambar-gambar dalam lambang kwartir daerah Kalimantan Timur pun mengandung makna kiasan, yaitu :
  1. Perisai berwarna hijau berbingkai hitam berarti satu kesatuan kekuatan yang kokoh yang terdapat di bumi Kalimantan Timur. 
  2. Bintang berwarna kuning pada bagian atas berarti tingginya nilai-nilai ketuhanan dan kehidupan agamis yang ada di Kalimantan Timur. 
  3. Pita (di bagian atas) mengandung arti ruang lingkup suatu rumpun, yang merupakan wadah berhimpun menggalang persatuan dan persaudaraan bagi pramuka.
  4. Tulisan KALIMANTAN TIMUR berarti wadah atau wilayah berhimpun, yakni Kalimantan Timur. 
  5. Silhouete tunas kelapa berwarna merah berarti keberadaan Gerakan Pramuka tumbuh dan berkembang di daerah Kalimantan Timur. 
  6. Silhouete ikan Pesut Mahakam sebagai satu diantara kekayaan alam yang hanya terdapat di Kalimantan Timur, berarti adanya suatu keunikan dan ciri khas tersendiri, yakni adat istiadat dan kebudayaan daerah Kalimantan Timur. 
  7. garis bergelombang tiga ruas, melambangkan sungai-sungai yang juga merupakan kekayaan alam sekaligus kebanggaan masyarakat Kalimantan Timur, mempunyai makna selalu bergerak dinamis yang dilandasi dengan Kode Kehormatan (Tri Satya) Gerakan Pramuka.
Itulah bentuk dan arti kiasan yang trdapat dalam lambang kwartir daerah Kalimantan Timur. Lambang tersebut selai sebagai penanda lokasi juga mengandung nilai-nilai, semangat, aspirasi, dan cita-cita pramuka Kalimantan Timur.

2 comments

terima kasih infomasi nya
kami PD ferry tenda ingin menawarkan berbagai macam tenda pramuka
untuk informasi selanjutnya bisa mengunjungi
www.ferrytenda.com

Maaf, perlu diralat nama perancang logo tsb.
Yg benar adalah kak Suprihatno yg biasa dipanggil kak Nono.
Terima kasih


EmoticonEmoticon