Monday, February 17, 2014

Lagu Yel Holong Maholong

Lagu yel pramuka Holong Maholong. Apa yang terlintas di benak Kakak dan Adik saat mendengar adik-adik pramuka siaga atau pramuka penggalang menyanyikan lirik "holong ma holong dipathile tile..."?. Yap, itulah sepenggal lirik dari lagu yel pramuka dengan judul Holong Maholong ini.

Setiap saya mendengar lirik lagu ini dinyanyikan baik oleh pramuka siaga ataupun pramuka penggalang dibenak saya langsung terlintas sebuah kalimat, "tolong, Mak tolong saya di-patil lele". Bagi masyarakat Jawa, utamanya yang tinggal di pedesaan, akan familiar dengan kata di-patil lele. Di-patil lele mempunyai arti terkena sengat ikan Lele. 

Meski demikian saya tidak bisamemastikan apakah lirik lagu yel pramuka ini memang diinspirasi dari kalimat "tolong, Mak tolong saya di-patil lele" tersebut atau bukan. Yang pasti seperti beberapa lagu yel pramuka lainnya (seperti Yel Paramukadio dan Yel Pramuka Naik Munggah), lagu yel ini memanfaatkan permainan kata dan huruf. Sehingga lagu hasil kreatifitas para pramuka ini terdengar unik, menarik, dan lucu. Dan justru karena hal-hal tersebutlah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi lagu yel pramuka ini. Utamanya bagi anggota pramuka usia penggalang dan siaga.

lagu yel siaga penggalang


Lirik dan Video Lagu Yel Holong Maholong

Lagu yel ini diberikan judul Holong Maholong berdasarkan dua kata pertama yang terdapat di awal lirik lagu ini. Lirik selengkapnya adalah:

HOLONG MAHOLONG

Holong maholong
Dipathile-tile
Holong maholong
Dipathile-tile

Sunde-sunde
Ala sunde-sunde
Ala sunde-sunde
Saule

Pom pom pom

Sunde-sunde
Ala sunde-sunde
Ala sunde-sunde
Saule

Sedangkan untuk irama lagu yel ini, simak saja video yang telah dipersiapkan di bawah ini:


Terkait arti dan maksud dari lagu ini, jangan ditanya. Yang pasti, setiap kali mendengar lagu pramuka ini dinyanyikan langsung terlintas di benak saya; "Tolong, Mak tolong saya di-patil lele". Lagu bagaimana dengan Kakak-kakak dan Adik-adik?


EmoticonEmoticon