Tuesday, February 11, 2014

Arti Kiasan Lambang (Badge) Kwarda Jawa Timur

Arti kiasan lambang (badge) Pramuka Kwarda Jawa Timur ini melengkapi artikel sebelumnya tentang arti kiasan lambang kwarda Jawa Tengah dan arti kiasan logo kwarda Jawa Barat. Sebagaimana diketahui, setiap kwartir daerah Geralkan Pramuka di Indonesia memiliki logo, lambang, atau lencana masing-masing. Logo-logo tersebut mengandung makna atau arti kiasan yang menyiratkan aspirasi, semangat, dan cita-cita pramuka di kawrtir daerah tersebut.

Lambang kwartir daerah yang disebut juga sebagai lencana wilayah atau badge kwarda merupakan salah satu tanda satuan bagian dari tanda pengenal dalam Gerakan Pramuka. Penggunaannya dimaksudkan sebagai penanda lokasi, wilayah, atau kwartir daerah tempat seorang anggota pramuka bergabung. Sehingga seorang pramuka yang mengenakan bagde Jawa Timur dapat dipastikan merupakan anggota Gerakan Pramuka yang terdaftar atau berdomisili di wilayah Jawa Timur.

Selain digunakan sebagai bagian dari kelengkapan organisasi kwartir daerah, logo, lambang, lencana, atau badge kwarda di pasang juga di pakaian seragam pramuka. Baik pada anggota pramuka putri maupun putra, badge ini dipasang di lengan baju sebelah kanan di bawah pita kwartir cabang (pita lokasi kwarcab) dan pita nomor gugusdepan. Hal yang sama berlaku pada logo, lambang, lencana, atau badge kwarda Jawa Timur.

pramuka kwarda jawa timur
Anggota Pramuka kwarda Jawa Timur

Bentuk Logo Pramuka Kwartir Daerah Jawa Timur

Gambar logo, lambang, lencana, atau badge kwartir daerah Jawa Timur berbentuk perisai bersisi lima. Pada bagian atasnya terdapat tulisan "Jawa Timur" (dengan huruf kapital) berwarna merah dengan background putih. Di bawahnya terdapat sekumpulan gambar yang meliputi gunung, sepasang gapura candi, tugu pahlawan, tunas kelapa, gelombang laut, dan alun sungai.

Gambar selengkapnya dari lambang kwartir daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur adalah seperti berikut:

lambang (logo) kwarda Jawa Timur
Lambang (logo) kwarda Jawa Timur

Arti Kiasan Lambang Kwartir Daearh Jawa Timur

Sebagaimana telah disinggung di awal artikel, logo, badge, atau lambang kwartir daerah Gerakan Pramuka bukan sekedar sebagai penunjuk domisili keanggotaan seorang pramuka pada kwarda atau provinsi tertentu saja. Lambang ini pun menjadi media pendidikan bagi anggota pramuka. Serangkaian gambar tersebut memiliki makna dan arti kiasan yang melukiskan semangat, aspirasi, dan cita-cita anggota pramuka. Pun pada badge kwarda Jawa Timur.

Makna dan arti kiasan dalam badge atau lambang kwarda Jawa Timur dapat diuraikan sebagai berikut:

Perisai:perisai lima sisi merupakan simbol pancasila; melambangkan pramuka Jawa Timur dengan berpedoman pancasila siap menghadapi berbagai tantangan dan ancaman.
Tulisan Jawa Timur:melambangkan kebulatan tekad dan jiwa pemberani pramuka Jawa Timur
Tugu Pahlawan:Tugu pahlawan dengan sepuluh bagian bangunan berdiri tegak melambangkan keteguhan semangat pahlawan yang sekaligus melambangkan dasadarma.
Gapura:Gapura bersisi dua dengan tiga tingkat melambangkan Candi Bentar sebagai bukti kejayaan Jawa Timur sejak masa silam. Gapura Bentar melambangkan kejuangan pramuka Jawa Timur.  
Sepasang Gapura:melambangkan pramuka putera-puteri sekaligus dwisatya dan dwidharma (kode kehormatan siaga).
Gapura bertingkat tiga:melambangkan Tri Satya. 
Gunung:menggambarkan topografi Jawa Timur dengan banyak gunung tinggi yang melambangkan cita – cita tinggi Pramuka Jawa Timur.
Gunung menggambarkan tanah yang subur dan kaya yang melambang pramuka Jawa Timur memiliki potensi tinggi, dan melambangkan cinta tanah air
Gelombang Samudera dan alun sungai:Gelombang samudera menunjukkan Jawa Timur yang dikelilingi lautan dan alun (ombak kecik) sungai menunjukkan sungai-sungai di Jawa Timur. Keduanya melambangkan pramuka Jawa Timur memiliki wawasan luas dan semangat pengabdian yang tinggi serta bermanfaat bagi kemajuan masyarakat. 
Tunas Kelapa:melambangkan tekad tunggal pramuka sebagai penerus perjuangan bangsa yang berguna dalam situasi apapun dalam pembangunan juga dalam mencapai tujuan nasional.
Arti Kiasan warna

Warna Kuning:melambangkan kebebasan, kegairahan, kegembiraan, kedinamisan, sifat trengginas, dan kemakmuran.
Warna Biru:melambangkan kesetiaan, keikhlasan, ketenangan, dan kesukarelaan dalam mengabdi kepada ibu pertiwi.
Warna Hitam:melambangkan kekuatan, kewibawaan, sifat tatag, tangguh dan tanggon.
Warna Hijau:melambangkan kesuburan, kesegaran, ketenteraman, kemakmuran, kedamaian, sifat kematangan jiwa dan kesabaran.
Warna Merah:melambangkan keberanian, kebulatan tekad untuk menempuh rintangan dan halangan.
Warna Putih:melambangkan kesucian. 




Secara keseluruhan lambang kwartir daerah Jawa Timur melambangkan watak khas Pramuka Jawa Timur yang patriotik, tangguh, tanggon, trampil, dan trenggrinas, berjiwa Pancasila dengan berpegang teguh pada Satya dan Darma Pramuka, siap mengabdi kepada nusa dan bangsa pada umumnya dan Jawa Timur pada khususnya, menuju masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

Itulah arti kiasan yang terkandung dalam logo atau lambang kwartir daerah Jawa Timur.

2 comments

semua lambang atau pun simbol mempunyai makna yang berbeda - beda yaa mas
:)

kenapa dulu bikin lambangnya cuman ada.?
-satu tunas kelapa.?
-dua candi.?
-tiga tingkat candi.?
-tuguh pahlawan yang lebih tinggi dari gunung.?
-lima ombak pada samudra.?


EmoticonEmoticon