Friday, January 3, 2014

Mengenal Pita Mahir Pembina Pramuka

Mengenal pita mahir pembina pramuka. Bagi pramuka bisa dipastikan sering kali melihat kakak-kakak pembina mengenakan pita berwarna biru dengan strip warna hijau, merah, kuning, atau coklat di tengahnya. Dikenakan melingkar di bawah kerah baju dan di bawah setangan leher. Ya, itulah yang dinamakan sebagai pita mahir pembina pramuka. Apa sebenarnya pita mahir itu?. Dan siapa yang berhak memakaianya, kapan memakaianya, dan bagaimana cara mengenakannya?

Pita mahir merupakan pita yang diberikan kepada para pembina pramuka yang telah menyelesaikan (lulus) Kursus Pembina Mahir Lanjutan (KML) dan telah menyelesaikan Narakarya 2. Pita mahir pembina diserahkan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka.

Sedangkan KML (Kursus Mahir Lanjutan) merupakan jenjang kedua pelatihan dan pendidikan bagi para pembina pramuka setelah Kursus Mahir Dasar (KMD). Materi dalam KML dititikberatkan pada praktek membina satuan (golongan peserta didik pramuka). Dalam artian ada KML Siaga (KML untuk pembina pramuka siaga), KML Penggalang, KML Penegak, dan KML Pandega. Setelah lulus KML seorang pembina melakukan masa pemantapan untuk membina di satuannya selam 6 bulan atau yang disebut sebagai Narakarya II. Setelah menyelesaikan Narakarya II inilah, seorang pembina pramuka berhak memperoleh pita mahir.

Pita mahir embina pramuka
Pembina pramuka mengenakan pita mahir

Sehingga bisa dikatakan pita mahir pembina ini layaknya tanda kecakapan bagi pembina pramuka. Layaknya TKU, TKK, dan Tanda Pramuka Garuda bagi peserta didik (anggota pramuka muda). Jika TKU didapatkan setelah pramuka menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum, TKK diperoleh setelah menyelesaikan Syarat Kecakapan Khusus, dan Tanda Pramuka Garuda diperoleh setelah menyelesaikan Syarat Pramuka Garuda, maka pita mahir diperoleh setelah menyelesaikan KML dan Narakarya II.

Bentuk dan Jenis Pita Mahir

Pita mahir berbentuk pita berwarna biru di kedua sisinya dan garis tengah sewarna dengan kode warna golongan pembina masing-masing. Pembina mahir siaga mengenakan pita mahir dengan warna tengah hijau, pembina mahir penggalang mengenakan pita mahir dengan warna tengah merah. Pun pembina mahir penegak mengenakan pita mahir dengan warna tengah kuning sedangkan pembina mahir pandega mengenakan pita mahir dengan warna tengah coklat.

Pita mahir pembina pramuka
Pita mahir pembina pramuka untuk berbagai golongan

Cara Mengenakan Pita Mahir

Pita mahir dikenakan pada pakaian seragam pramuka. Mengenakannya dengan melingkarkan di bawah kerah baju dan di bawah setangan leher pramuka. Pemakaiannya pada seragam pramuka adalah sebagai "tanda harian" atau digunakan saat kegiatan harian pramuka seperti latihan dan kegiatan pramuka lainnya. Sedangkan saat upacara pembina mahir tidak menggunakan pita mahir dan menggantinya dengan selendang mahir.

Apa itu selendang mahir? Di lain kesempatan akan dibahas tuntas. Sekarang yang paling penting kita sudah memahami 'benda' apa yang dikenakan pada seragam pramuka para pembina kita. Dan dari pita mahir tersebut kita pun bisa mengetahui, apakah pembina itu pembina siaga, pembina penggalang, pembina penegak, pembina pandega atau malah belum lulus Kursus Pembina Mahir Lanjutan.

2 comments


EmoticonEmoticon