Monday, January 27, 2014

Lirik dan Video Lagu Pramuka Dasadarma

Lirik dan video lagu pramuka Dasadarma. Lagu berjudul dasadarma (dasa dharma) ini merupakan salah satu lagu pramuka yang arransement dikemas secara kontemporer. Hal inilah yang menjadikan lirik dan syair lagu ini sangat cocok bagi anggota pramuka yang nota bene kawula muda.

Sesuai judulnya, lagu yang dicipta dan dinyanyikan oleh grup band Thankyou ini berkisah tentang poin-poin dalam dasadarma. Bahkan kesepuluh poin dasadarma dituliskan secara gamblang dalam lirik lagu ini. Dengan itu lagu ini akan menyegarkan ingatan para pramuka akan poin-poin dalam dasadarma pun bisa memotivasi para anggota gerakan pramuka untuk mempraktekkan nilai-nilai yang terkandung dalam dasadarma tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Di samping itu, lagu pramuka Dasadarma bisa menjadi media sosialisasi yang berguna bagi masyarakat umum yang belum mengenal pramuka.

Dasadarma sendiri merupakan sepuluh ketentuan moral (bagian dari kode kehormatan) bagi pramuka penggalang, penegak, pandega, dan anggota pramuka dewasa. Kesepuluh ketentuan moral ini menjadi pedoman perilaku, kewajiban, aturan dasar, dan kebajikan yang wajib dilaksanakan oleh setiap anggota pramuka golongan penggalang, penegak, dan pandega dan anggota dewasa baik di dalam maupun di luar kegiatan pramuka. Selengkapnya mengenai Dasadarma baca artikel: Dasadarma (Dasa Dharma Pramuka).

lagu pramuka dasadarma pramukaria

Lirik dan Video Lagu Dasadarma

Sebagaimana telah disampaikan di awal tulisan, lirik lagu ini sangat tepat untuk menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam dasadarma bagi segenap anggota Gerakan Pramuka. Apalagi dikemas dengan aransemen musik yang lebih kontemporer.

Namun agak disayangkan terdapat lirik lagu tentang bunyi dasadarma yang urutannya kurang sesuai. Adalah dasadarma keenam dan kedelapan yang urutannya saling terbalik, entah disengaja atau bukan. Pun tampaknya untuk menyesuaikan dengan aransemen terdapat beberapa poin dasadarma yang terpaksa dipenggal (tidak utuh).

Adapun video lagu pramuka berjudul Dasadarma tersebut adalah sebagai berikut:


Sedangkan lirik lagunya adalah sebagaimana berikut:

Dasadarma

Nyala nyala api kita 
Seru dasadarma
Bangkit Indonesia
Tegakkan jiwamu
Getarkan dunia
Semangat Pancasila

Taqwa kepada Tuhan
Cinta alam dan kasih sayang
Patriot yang sopan dan ksatria
Patuh dan suka bermusyawarah

Rela menolong dan tabah
Disiplin berani dan setia
Hemat cermat dan bersahaja
Rajin terampil dan bergembira

Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
Suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan

Ayo muda mudi kita galakkan dasadarma
Untuk maju bangsaku untuk maju Indonesia kita tercinta
Mari satukan tekadmu hormati benderamu
Maju majulah Pramuka maju maju Indonesia

Ayo tepuk
Semua tepuk
Mari semuanya tepuk pramuka

Terlepas dari beberapa kekurangan yang dipunyainya, lagu ini tetap menjadi sebuah karya berharga bagi pramuka. Saya yakin akan memberikan manfaat yang besar dalam mengenalkan pramuka dan kepramukaan terhadap masyarakat umum serta menanamkan nilai-nilai dasadarma pada setiap anggota Gerakan Pramuka.

1 comment

  1. https://youtu.be/b_shdSnMD3k
    Lagu Pramuka - Dasadarma Pramuka FULL LIRIK
    Original Musik by Thankyou Band

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon