Petunjuk Teknis Jota-Joti Nasional dan APR 2013 merupakan Petunjuk Teknis yang dikeluarkan Gerakan Pramuka Indonesia c.q Dewan Kerja Nasional terkait teknis pelaksanaan Jamboree On The Air (Jota) Nasional ke-73 dan Jambore On The Internet (Joti) Nasional ke-31 serta partisipasi dalam 9th Asia-Pacific Regional Air/Internet Jamboree Tahun 2013.

Dalam Juknis Jota-Joti Nasional dan APR 2013 tersebut diungkapkan bahwa Jamboree on the air (JOTA) dan Jamboree in the internet (JOTI) merupakan salah satu wadah yang tepat untuk membekali anggota Gerakan Pramuka sehingga siap menghadapi perkembangan abad 21. Kegiatan ini diharapkan tidak hanya menjadi sebuah rutinitas belaka, namun dapat memberikan kesempatan kepada anggota Pramuka untuk mempererat hubungan keluarga dan melangkahkan kaki bersama-sama menuju perubahan yang lebih baik.

Stasiun-JOTA-JOTI
Stasiun penyerta JOTA-JOTI

Dalam juknis yang selanjutnya dapat didownload di bagian akhir artikel ini juga disebutkan beberapa hal di antaranya adalah sebagai berikut:
  • JOTA Nasional ke –73 & JOTI Nasional ke –31 serta 9th APRAIJ dilaksanakan pada tanggal 2 s.d 4 Agustus 2013
  • Tema yang diangkat adalah Pramuka dan Komunitas ( Scouting and Comunity)
  • Syarat peserta merupakan semua pemuda Indonesia dengan ketentuan:
  • Warga Negara Indonesia baik anggota Gerakan Pramuka maupun bukan; 
  • Berkomitmen aktif dalam kegiatan JOTA dan JOTI maupun kegiatan penyerta; 
  • Bersedia bekerjasama dengan ORARI daerah/lokal dan atau dengan Anggota ORARI Radio yang Ijin Amatir Radio nya masih berlaku.
  • JOTA Tingkat Nasional ke  73  dilaksanakan mulai tanggal  2  Agustus 2013 pukul 16.00 WIB dan berakhir pada  4 Agustus 2013 pukul 14.00 WIB.
  • Chatting Perdana JOTI Nasional ke-31 akan dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2013 mulai pukul 16.00 WIB sedangkan Chatting Penutupan dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus 2013, mulai pukul 14.00 WIB.
  • Platform komunikasi media internet yang digunakan untuk JOTI meliputi Skype,  facebook, Yahoo messenger, Camfrog, dan beberapa yang lain.


Download Juknis JOTA-JOTI 2013

Untuk selengkapnya silakan download dan baca Jamboree On The Air (Jota) Nasional ke-73 dan Jambore On The Internet (Joti) Nasional ke-31 serta partisipasi dalam 9th Asia-Pacific Regional Air/Internet Jamboree Tahun 2013 dengan mengklik tautan berikut: DOWNLOAD JUKNIS JOTA-JOTI 2013.

Untuk informasi lainnya mengenai Jota-Joti baca:


Kumpulan instrumental lagu pramuka ini merupakan daftar lagu pramuka yang berupa instrumental saja (musik saja). Kumpulan lagu instrumental tentang pramuka ini tentu akan sangat berguna sebagai bahan latihan untuk mengajak adik-adik pramuka bernyanyi di sela-sela latihan pramuka.

Puluhan lagu-lagu pramuka baik 'lagu asli pramuka' maupun lagu pramuka hasil parodi dari lagu-lagu lain semisal lagu daerah dan lagu ank-anak kami sediakan dalam format audio mp3 dengan dilengkapi artikel berisikan video dan lirik lagunya.

lagu-instrumental-pramuka
Pramuka penggalang sedang menyanyikan lagu pramuka

Daftar Instrumental Lagu Pramuka

Berikut ini daftar instrumental lagu-lagu pramuka yang tersedia dan dapat di-download secara gratis baik file mp3 maupun video dan lirik lagunya.


1 Aman Sentosa Dengarkan dan Download MP3 Video dan Lirik
2 Apa Guna Keluh Kesah Dengarkan dan Download MP3 Video dan Lirik
3 Api Unggun Dengarkan dan Download MP3 Video dan Lirik
4 Barisan Kita Dengarkan dan Download MP3 Video dan Lirik
5 Bumba Dengarkan dan Download MP3 Video dan Lirik
6 Cing Gemerincing Dengarkan dan Download MP3 Video dan Lirik
7 Dero Dengarkan dan Download MP3 Video dan Lirik
8 Di Sini Senang Di Sana Senang Dengarkan dan Download MP3 Video dan Lirik
9 Disiplin Dengarkan dan Download MP3 Video dan Lirik
10 Manuk Mabur Dengarkan dan Download MP3 Video dan Lirik
11 Mari Tepuk Dengarkan dan Download MP3 Video dan Lirik
12 Marina Dengarkan dan Download MP3 Video dan Lirik
13 Masuk Pramuka Dengarkan dan Download MP3 Video dan Lirik
14 Naik ke Puncak Gunung Dengarkan dan Download MP3 Video dan Lirik
15 Nona Dengarkan dan Download MP3 Video dan Lirik
16 Penggalang Baru Dengarkan dan Download MP3 Video dan Lirik
17 Perpisahan Dengarkan dan Download MP3 Video dan Lirik
18 Potong Bebek Angsa Dengarkan dan Download MP3 Video dan Lirik
19 Potong Lalang Dengarkan dan Download MP3 Video dan Lirik
20 Pramuka Siapa Punya Dengarkan dan Download MP3 Video dan Lirik
21 Salam Persatuan Dengarkan dan Download MP3 Video dan Lirik
22 Salam Dengarkan dan Download MP3 Video dan Lirik
23 Selamat Datang Dengarkan dan Download MP3 Video dan Lirik
24 Siaga Jitu Dengarkan dan Download MP3 Video dan Lirik
25 Tante Tutik Dengarkan dan Download MP3 Video dan Lirik
26 Tegar Dengarkan dan Download MP3 Video dan Lirik

Cara mendownload: saat mendownload mungkin akan dialihkan ke halaman adf.ly, tapi jangan khawatir. Tunggu saja sebentar hingga muncul tulisan "SKIP AD" atau "LEWATI" di pojok kanan atas, klik tulisan tersebut.

Daftar lagu pramuka berupa musik instrumental tersebut belumlah daftar lengkap dan akan diupdate dan dilengkapi kemudian.
Arti Tanda Kecakapan Umum (TKU) Pramuka Penegak; Tanda Kecakapan Umum Penegak yang biasa dipasang di kedua pundak baju seragam pramuka bukan sekedar tanda tanpa arti. Sebaliknya, dari setiap komponennya terkandung arti dan makna filosofi yang dalam.

Tanda Kecakapan Umum (TKU) Pramuka Penegak merupakan salah satu Tanda Kecakapan (bagian dari Tanda Pengenal) dalam Gerakan Pramuka. Tanda ini dikenakan bagi para pramuka penegak yang telah menyelesaikan dan dilantik SKU Penegak.

Sesuai dengan tingkatan dalam Kecakapan Umum (SKU) Penegak, TKU untuk pramuka penegak memiliki dua tingkatan yaitu TKU Penegak Bantara dan TKU Penegak Laksana. Antara kedua Tanda Kecakapan tersebut hanya dibedakan dengan tulisan "BANTARA" atau "LAKSANA" yang terdapat di bagian bawah TKU.

TKU-Pramuka-Penegak
Pramuka Penegak Putri dengan TKU di pundaknya
TKU Pramuka Penegak Bantara dikenakan oleh pramuka penegak yang telah menyelesaikan dan dilantik SKU Penegak Bantara. Pun Tanda Kecakapan Umum Laksana dikenakan oleh pramuka penegak yang telah menyelesaikan SKU dan dilantik menjadi Penegak Laksana.

Bentuk, Ukuran, dan Pemakaian TKU Penegak

Tanda Kecakapan Umum Pramuka Penegak berupa tanda pundak yang dibuat dari kain dengan warna dasar hijau tua dengan tulisan dan gambar dibuat dengan sulaman atau logam berwarna kuning emas. TKU berbentuk trapesium berwarna dasar hijau tua dengan panjang sisi bawah 5 cm, sisi atas 4 cm dan panjang kaki miring kiri dan kanan masing-masing 7,5 cm.

Di dalam bidang trapesium terdapat gambar bintang sudut lima di bawahnya terdapat sepasang tunas kelapa yang berlawanan arah dan di bawah tunas kelapa terdapat tulisan BANTARA (untuk TKU Penegak Bantara) atau LAKSANA (untuk TKU Penegak Laksana).

Tanda Kecakapan Umum Penegak dipakai atau dikenakan di pundak dengan dilekatkan pada lidah baju kanan dan kiri baik pada pramuka penegak putri maupun putra.

Gambar-TKU-Bantara-Laksana
Gambar TKU Pramuka Penegak Bantara dan Laksana

Arti Kiasan TKU Pramuka Penegak

Tanda Kecakapan Umum (TKU) Pramuka Penegak mengandung arti dan makna kiasan sebagai salah satu unsur pendidikan dalam kepramukaan. Arti kiasan dari TKU Penegak adalah sebagai berikut:
  • Bintang bersudut lima mempunyai arti bahwa Pramuka Penegak  bertaqwa kepada tuhan yang Maha Esa dan bermoral Pancasila. 
  • Tunas kelapa yang berlawanan arah mengibaratkan keselarasan dan kesatuan gerak  Pramuka Penegak putra dan putri yang sedang membina dirinya sebagai mahluk pribadi, sosial dan mahluk Tuhan menuju cita-cita bangsa. 
  • Tanda di pundak mengibaratkan tanggung jawab yang tidak ringan yang harus dipikulnya sebagai anggota Gerakan Pramuka dan kader pembangunan bangsa dan Negara. 
  • Bantara mengandung pengertian kader, ajudan, pengawas pembangunan yang kuat, baik dan terampil serta bermoral Pancasila. Calon pemimpin bangsa dan negara yang masih belajar dan mengembangkan kemampuannya dalam memimpin.  
  • Laksana mengandung arti pemimpin muda yang sudah  sanggup mengemban dan melaksanakan tugas pembangunan bangsa dan negara serta mempunyai tanggungjawab yang lebih besar. 
Sekali lagi, TKU Pramuka Penegak bukan sekedar tanda yang menjadi penghias pakaian seragam pramuka belaka, namun di dalamnya terkandung maksud dan arti yang mencerminkan sikap dan tanggung jawab pramuka yang mengenakannya.
Logo Pelantara III 2013 ini melengkapi posting terdahulu mengenai Edaran Pelantara III 2013 dengan menghadirkan logo atau lambang kegiatan ini. Pelantara III atau Pelayaran Lingkar Nusantara III dalam bentuk Festival Keterampilan Saka Bahari Tingkat Nasional 2013 merupakan sebuah kegiatan skala nasional yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka melalui Satuan Karya Pramuka Bahari.

Logo Pelayaran Lingkar Nusantara III dalam bentuk Festival Keterampilan Saka Bahari Tingkat Nasional 2013 atau logo Pelantara III 2013 adalah sebagai berikut:


Sedangkan jika ingin membaca surat edaran Kwartir Nasional Gerakan Pramuka nomor 0783-00-C, tanggal 15 Juli 2013, perihal Edaran Pelayaran Lingkar Nusantara III dalam bentuk Festival Keterampilan Saka Bahari Tingkat Nasional 2013, sila baca: Edaran Pelantara III 2013
Lirik Yel pramuka siaga Cing Gemerincing merupakan sebuah lagu yel untuk pramuka siaga dengan lirik lagu yang sederhana. Lagu yel pramuka siaga ini juga dilengkapi dengan video para pramuka siaga saat mengikuti pesta siaga, salah satu pertemuan para siaga.

lagu-yel-pramuka-siaga
Lagu yel pramuka siaga

Lirik Lagu Yel Pramuka Siaga

Adapun lirik lagu yel pramuka siaga berjudul Cing Gemerincing adalah sebagai berikut:

Cing Gemerincing

Cing cing gemerincing
Suara rebana berbunyi nyaring
Cing cing gemerincing
Kaki melangkah beriring-iring

Lenggang yang serempak
Dengan lenggok berirama
Hati siapapun
Akan senang melihatnya

Video Lagu Yel Pramuka Siaga

Berikut ini video lagu yel pramuka Cing Gemerincing:




Semoga lagu yel Cing Gemerincing dapat memperkaya koleksi lagu pramuka dan yel pramuka terutama untuk pramuka siaga.
Artikel Pramukaria masuk wall Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Adalah adalah sebuah artikel di Blog Materi Latihan Pramuka, pramukaria.blogspot.com, tentang Pemenang Kontes Logo Jota-Joti dicopy dan diposting di dinding (wall) Fanspage Facebook Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Meskipun tampaknya admin Fanspage Kwartir Nasional Gerakan Pramuka lupa memberikan sumber tulisan dan tanpa menyebutkan jika post tersebut disalin dari pramukaria.blogspot.com, namun tampak benar jika post tersebut memang sama persis diambil dari blog ini. Post tersebut dibuat pada tanggal 18 Juli 2013 sedangkan artikel tentang Pemenang Kontes Logo Jota-Joti tersebut diposting di blog ini pada 13 Juli 2013.

artikel-pramukaria-di-wall-kwarnas
Artikel Pemenang Kontes Logo Jota-Joti yang dipost di wall Kwarnas
artikel-pramukaria
Artikel Pemenang Kontes Logo Jota-Joti di Pramukaria


Sayang tampaknya admin Fanspage Kwartir Nasional Gerakan Pramuka lupa memberikan sumber tulisan. Meskipun demikian setidaknya admin Pramukaria sudah merasa 'terhormat' tulisan dalam blog sederhana ini 'nyantol' di Fanspage resmi Kwartir Nasional. Berarti tulisan dan informasi yang ada di blog Materi Latihan Pramuka, pramukaria.blogspot.com ini cukup berkualitas dan pantas untuk dibagikan kepada para pramuka di seluruh Indonesia. Meskipun dengan kejadian ini, mungkin saja akan ada pembaca yang beranggapan sebaliknya, Pramukaria melakukan copy paste dari wall Kwartir Nasional.
Kumpulan gambar pramuka keren, kumpulan gambar-gambar tentang pramuka baik pramuka siaga, pramuka penggalang, pramuka penegak dan pandega, hingga anggota dewasa semisal pembina pramuka.

Berbagai gambar pramuka ini telah diposting dalam berbagai artikel di berbagai blog. Mulai gambar para pramuka penegak yang sedang bekerja sama, sepasang pramuka penegak, suasana di perkemahan pramuka, hingga gambar tokoh kartun Upin dan Ipin yang menggunakan seragam pramuka. Inilah kumpulan gambar pramuka tersebut.

gambar-pramuka-kerja-sama
Gambar para pramuka bekerja sama menghadapi rintangan

gambar-kemah-pramuka
Gambar pramuka sedang berkemah

gambar-pramuka-penegak
Gambar sepasang pramuka penegak dengan setangan leher dan seragam baru

Gambar-pramuka-tamasya
Gambar pramuka melakukan rekreasi / tamasya

Gambar-pramuka-tamasya
Gambar Pramuka Kepala dan kacu leher

gambar-penegak-putri
Gambar pramuka penegak putri

gambar-sepasang-pramuka
Gambar sepasang pramuka

gambar-pramuka-cikal
Gambar pramuka dengan cikal (tunas kelapa)

gambar-pramuka-sedih
Gambar pramuka penggalang putri

Gambar-pramuka-blangkon
Gambar Pramuka mengenakan blangkon

gambar-penegak-hormat
Gambar sepasang pramuka penegak sedang hormat

gambar-pembina-pramuka
Gambar Pembina Pramuka

gambar-pembina-pramuka
Gambar sepasang pramuka penegak

gambar-pramuka-tongkat
Gambar pramuka membawa tongkat

gambar-pramuka-ipin-ipin
Gambar Upin dan Ipin memakai seragam pramuka

gambar-pramuka-putri
Pramuka putri

Itulah berbagai gambar pramuka yang kami temukan dari berbagai blog dan website. Sayangnya kami kesulitan untuk memberikan link atau nama situs pemilik masing-masing gambar lantaran gambar-gambar tersebut telah terpasang ke berbagai blog yang berlainan.
Lirik dan video lagu Gerak Pramuka melengkapi koleksi lagu pramuka yang ada di Blog Materi Pramuka ini. Lagu Gerak Pramuka sendiri merupakan salah satu lagu legendaris di kepramukaan yang mana lirik dan lagu ini telah banyak dikenal oleh para pramuka.

Blog ini mengangkat kembali lagu Gerak Pramuka dengan dilengkapi video dan lirik sebagai penambah materi latihan kepramukaan. 

lagu-pramuka-1
Lagu Gerak Pramuka

Lirik Lagu Gerak Pramuka

Lirik lagu Gerak Pramuka adalah sebagai berikut:

Gerak Pramuka

Wahai pramuka,
Darah pemuka
Majulah membina Indonesia
Ayolah maju,
Teruslah maju
Ke Indonesia raya

Wahai pramuka,
Darah pemuka
Majulah membina Indonesia
Ayolah maju,
Teruslah maju
Ke Indonesia raya

Maju bergugus di depan
Garis depan sana
Siagakan dan jalanlah
Ya binalah
Ya binalah masyarakat
Cita kita
Adil dan makmur
Berdasar pancasila

*Kembali ke awal

Video Lagu Gerak Pramuka

Sebagai mana biasanya, Blog Materi Latihan Pramuka, Pramukaria, tidak hanya memberikan lirik lagu belaka. Namun juga melengkapinya dengan video lagu. Meski video tersebut sebelumnya telah diupload ke situs Youtube, namun bagi pembaca dapat juga menikmatinya langsung di sini dengan mengklik tanda panah (segitiga) yang terdapat di tegah video berikut:

Download MP3 Lagu Gerak Pramuka

Dan bagi para pramuka yang ingin mendownload lagu Gerak Pramuka dalam format audio MP3 silakan download di halaman: Kumpulan Lagu Legendaris Pramuka.
Surat Edaran Kwarnas terkait Pelantara III 2013 dikeluarkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka per-tanggal 15 Juli 2013. Surat dengan nomor 0783-00-C perihal Edaran Pelayaran Lingkar Nusantara III dalam bentuk Festival Keterampilan Saka Bahari Tingkat Nasional 2013 ini ditujukan kepada Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka di seluruh Indonesia.

Dalam surat edaran tersebut disebutkan bahwa Kwartir Nasional c.q Pimpinan Saka Bahari Tingkat Nasional akan menyelenggarakan kegiatan Pelantara (Pelayaran Lingkar Nusantara) III dalam bentuk Festival Keterampilan Saka Bahari Tingkat Nasional 2013 pada tanggal 28 Agustus s.d 27 September 2013 di Tanjung Batu Berau, Kalimantan Timur dan Kwandang Gorontalo Utara dengan rute pelayaran Jakarta - Makassar - Balikpapan - Kwandang - Derawan.

Namun menurut update status di Grup FB Saka Bahari Nasional (di sini), menyebutkan ada kesalahan rute pelayaran sebagaimana disebut dalam surat edaran Kwarnas. Rute yang seharusnya adalah: Jakarta - Surabaya - Makassar - Balikpapan - Tanjung Batu Berau - Kwandang Gorontalo - Balikpapan - Makassar - Surabaya - Jakarta. 

pelantara
Apel pemberangkatan Pelantara (Foto Grup FB Saka Bahari Nasional)

Download Surat Edaran Kwarnas tentang Pelantaran III 2013

Untuk surat edaran Pelayaran Lingkar Nusantara III dalam bentuk Festival Keterampilan Saka Bahari Tingkat Nasional 2013 ini , silakan download dengan mengklik tautan ini: Surat Edaran Kwarnas tentang Pelantaran III 2013.
Logo Jota-Joti 2013 telah disahkan. Logo kegiatan Jota-Joti atau Jamboree On The Air - Jamboree On the Internet tahun 2013 sendiri sebagaimana macam kegiatannya terdapat dua jenis. Yang pertama adalah logo Jota Nasional ke-73, Joti Nasional ke-31, dan APR Air / Internet Jamboree ke-9 dan yang kedua adalah logo Jota Internasional ke-56 dan Joti Internasionak ke-17.

Jota (Jamboree On The Air) adalah pertemuan para pramuka dengan menggunakan sarana radio amatir. Sedangkan Joti (Jamboree On the Internet) adalah pertemuan para pramuka dengan menggunakan sarana internet. 

Dalam Jota (Jamboree On The Air) dan Joti (Jamboree On the Internet) pramuka berkesempatan untuk bertukar pengalaman dan ide-ide bersama. Kegiatan ini memberikan kesempatan besar dan unik pada para pramuka dari semua golongan usia untuk berkomunikasi satu sama lain seolah-olah mereka berada di dekatnya walaupun dalam kenyataannya mereka saling berada di tempat yang berbeda wilayah bahkan negara.

Logo Jota-Joti 2013


Jota Nasional ke-73 dan Joti Nasional ke-31 yang pelaksanaannya dilaksanakan beriringan dengan 9th Asia Pacific Region Air / Internet Jamboree (Jambore Udara / Internet se Asia Pasifik) akan diselenggarakan pada tanggal 2-4 Agustus 2013. Adapun lambang atau Logo kegiatan ini dibuat oleh Bharat Scouts & Guides sebagai venue kegiatan yang disahkan oleh Biro Pramuka Asia Pasifik. Oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, logo Jota-Joti 2013 tersebut diadaptasi sebagai berikut:


logo-jota-joti-2013
Logo Jota-Joti Nasional dan APR 2013

Jota-Joti Internasional 2013 akan dilaksanakan pada tanggal 19-20 Oktober 2013. Logo 56th Jota dan 17th Joti Internasional merupakan pemenang sayembara pembuatan logo Jota-Joti 2013 yang dilaksanakan oleh WOSM. Adapun logo Jota-Joti Internasional tersebut adalah sebagai berikut:

logo-jota-joti-2013
Logo Jota-Joti Internasional 2013

Untuk tata cara mengikuti Jota-Joti sila baca artikel:
  1. Cara Berpartisipasi dalam JOTA-JOTI
  2. Cara Registrasi Peserta JOTA-JOTI Secara Mandiri
Yel pramuka siaga berjudul Kacung Kampret Ikut Pramuka ini memang cocok dinyanyikan bersama oleh pramuka siaga meskipun tidak menutup kemungkinan anggota lain semisal pramuka penggalang dan penegak untuk menggunakan lagu yel ini.

Sekilas lagu yel pramuka berjudul Kacung Kampret ini terdengar lucu. Mendengar istilah Kacung Kampret saja mungkin sudah membuat tersenyum walaupun tidak mengetahui artinya. Namun jangan salah, istilah kacung kampret, bahkan lagu dengan isi dan kata-kata nyaris serupa dengan lagu yel ini sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda silam.


Kacung Kampret berasal dari kata 'kacung' yang berarti pesuruh atau jongos laki-laki. Sedangkan 'kampret' adalah sejenis kelelawar pemakan serangga yang juga menjadi sebuah istilah umpatan atau makian kepada sosok yang dianggap menjijikkan dan merugikan. Kacung Kampret juga telah menjadi sebuah lagu yang berisi sindirin dan hinaan buat kaki tangan kompeni (penjajah Belanda) sejak dahulu.

Lirik Lagu Yel Kacung Kampret 

Dari lirik lagu 'Kacung Kampret' yang telah dinyanyikan sejak jaman penjajahan Belanda inilah lagu yel pramuka dengan judul yang sama dibuat. Liriknya hanya merubah beberapa kata yang diperlukan saja. Lirik selengkapnya adalah sebagai berikut:

Kacung Kampret Masuk Pramuka

Kacung Kampret masuk pramuka
Kacung Kampret ikut mengembara
Naik gunung turun gunung
Jalan licin kampret glundung
Sambate aduh aduh biyung

Video Lagu Yel Kacung Kampret

Simak video lagu yel Kacung Kampret dengan mengklik tanda panah (segitiga) di tegah video berikut:


Nah, itulah lagu yel pramuka berjudul Kacung Kampret Masuk Pramuka yang tampaknya merupakan adopsi dari lagu lama dengan lirik yang nyaris sama. Penasaran dengan lirik aslinya?, simak ini: Kacung kampret hij teken kumpeni // Saben hari jalan eksersisi // Naik gunung turun gunung // De weg is glad hij kegelendung // Kacung kampret aduh aduh biyung.

Sandi Kimia merupakan salah satu sandi dalam teknik kepramukaan yang cara membacanya sudah dipelajari semenjak siaga dan penggalang. Sandi Kimia merupakan sandi yang memanfaatkan kode morse. Sehingga ketika hendak membaca sandi Kimia, terlebih sahulu harus menguasai kode morse.

Untuk mempelajari cara membaca morse yang mudah baca: Cara Cepat Membaca Morse.

Salah satu contoh bentuk Sandi Kimia adalah sebagai berikut:


Untuk membaca sandi kimia, seperti hanya dengan sandi lainnya, yang harus dipahami terlebih dahulu adalah Kata Kunci yang berisikan petunjuk atau perintah pengerjaan sandi. Kata Kunci dari contoh sandi di atas adalah "Titik Hidup, Strip Mati". 

  • "Titik Hidup, Strip Mati" mempunyai arti bahwa lambang titik dalam kode morse dilambangkan dengan huruf-huruf hidup atau vokal yang meliputi A, I, U, E, O sedangkan sebaliknya lambang strip dalam kode morse dilambangkan dengan huruf-huruf mati atau konsonan semisal B, C, D, F, G, dll. Contoh: OH = .-
  • Angka besar yang terdapat dalam soal menunjukkan bahwa huruf di belakangnya ganda atau dobel. Contoh: OC2O = OCOO = .-..
  • Angka kecil yang terdapat dalam soal sandi kimia menunjukkan huruf di depannya ganda atau dobel. Contoh: HO2 = HOO = -..
Dari soal sandi kimia di atas bisa dibaca sebagai berikut:
  • HO2 = HOO = -.. = D
  • OH = .- = A
  • OC2O = OCOO = .-.. = L
  • OK = .- = A
  • C2 = CC = -- = M
Dari lima huruf awal sudah terbaca kata "DALAM". Untuk huruf-huruf selanjutnya dalam sandi kimia ini tentunnya sudah bisa dikerjakan sendiri oleh para pembaca.
JOTA JOTI Nasional dan APR 2013 akan dilaksanakan pada 2-4 Agustus 2013. Adalah Jamboree on the Air (Jota) Nasional ke-73 dan Jamboree on the Internet (Joti) Nasional ke-31 serta 9th Asia Pacific Region Air / Internet Jamboree (JOTA-JOTI tingkat Asia Pasifik) akan berlangsung besok mulai tanggal 2-4 Agustus 2013.

JOTA - JOTI (Jamboree On The Air - Jamboree On the Internet) merupakan salah satu pertemuan dalam kepramukaan yang menjadi kegiatan tahunan. Jota atau jambore di udara merupakan pertemuan antar pramuka dengan menggunakan sarana radio amatir, sedangkan Joti atau jambore di internet merupakan pertemuan antar pramuka (chat) dengan memanfaatkan sarana internet. JOTA dan JOTI dilaksanakan di tingkat Nasional, Regional (Asia Pasifik), dan Internasional.

Seorang pramuka putri sedang 'ber-Jota' (foto: Grup FB DKD Jateng)

Sebagai salah satu pertemuan pramuka, JOTA dan JOTI dapat diikuti oleh seluruh golongan anggota pramuka mulai dari peserta didik hingga anggota dewasa. JOTA JOTI Nasional 2013 tepatnya akan berlangsung selama satu hari yaitu pada tanggal 2 Agustus 2013 yang kemudian dilanjutkan oleh Asia Pacific Region Air / Internet Jamboree (JOTA JOTI tingkat Asia Pasifik) pada tanggal 3-4 Agustus.

Adapun logo dari Jamboree on the Air (Jota) Nasional ke-73 dan Jamboree on the Internet (Joti) Nasional ke-31 yang pelaksanaan digabungkan dengan 9th Asia Pacific Region Air / Internet Jamboree, logonyapun mengadopsi dari logo APR Air/Internet Jamboree sebagai berikut:

Logo Jota-Joti Nasional dan APR Air/Internet Jamboree 2013

Dalam pelaksanaan JOTA-JOTI, setiap Kwartir Cabang Gerakan Pramuka akan melakukan kerja sama dengan ORARI dan Kantor Kementerian Komunikasi dan Informasi untuk membuat stasiun JOTA-JOTI. Dari stasiun-stasiun yang didirikan inilah setiap pramuka berkesempatan untuk mengikuti JOTA dan JOTI sehingga dapat berkomunikasi, bertukar pikiran, serta berdiskusi dengan berbagai pramuka lain se-Indonesia dan se-Asia Pasifik.

Untuk tata cara dan prosedur agar bisa mengikuti JOTA dan JOTI, silakan baca artikel sebelumnnya: Cara Berpartisipasi dalam JOTA-JOTI.
Yel Pramuka Bukan Tentara, ini merupakan sebuah lagu yel pramuka hasil memparodikan lagu legendaris Kolam Susu milik grup Koes Plus. Sebagaimana lagu aslinya, Kolam Susu, lirik dalam yel ini pun diusahakan tetap sederhana namun memiliki makna yang dalam. Sehingga yel kali ini bisa dikata bukan sekedar yel main-main namun juga memiliki pesan moral yang hendak disampaikan.

"Bukan polisi dan bukan tentara" itulah larik pertama dalam lagu yel ini. Kalimat ini seakan menyadarkan kita bahwa meskipun kepramukaan banyak mengadopsi tradisi dan tata cara dalam kemiliteran dan kepolisian, namun pramuka tetaplah bukan tentara dan polisi. Sehingga hal-hal yang berbau militerisme seharusnya diterapkan secara bijak dan terarah demi mencapai tujuan kepramukaan dan Gerakan Pramuka.


Video Yel Pramuka Bukan Tentara

Sila simak terlebih dulu lagu yel dengan judul "Bukan Tentara" yang merupakan hasil parodi dari lagu "Kolam Susu" milik Koes Plus ini. Untuk menonton video lagu yel ini, klik tanda panah (segitiga) yang ada di tengah video berikut:


Lirik Lagu Yel Bukan Tentara

Agar lebih mudah dalam mempelajari lagu yel ini, Kakak sertakan liriknya sebagai berikut:

Bukan Tentara

Bukan polisi dan bukan tentara
tali dan tongkat itulah senjatanya
Coklat tua coklat muda seragamnya
Merah dan putih tergantung di lehernya

Bukan polisi dan bukan tentara
tali dan tongkat itulah senjatanya
Dasadarma dan Trisatya pedomannya
siap membela nusa bangsa agama

Orang bilang namanya itu pramuka
Singkatan dari praja muda karana
Orang bilang namanya itu pramuka
Rakyat muda yang slalu siap berkarya

Bukan polisi dan bukan tentara
tali dan tongkat itulah senjatanya
Coklat tua coklat muda seragamnya
Merah dan putih tergantung di lehernya

Orang bilang namanya itu pramuka
Singkatan dari praja muda karana
Orang bilang namanya itu pramuka
Rakyat muda yang slalu siap berkarya
Rakyat muda yang slalu siap berkarya

Itulah lagu yel pramuka berjudul "Bukan Tentara". Semoga lagu yel ini selain bisa lebih menyemarakkan latihan dan kegiatan dalam kepramukaan juga mengilhami kita semua bahwa militerisme dalam kepramukaan harus dilaksanakan secara bijak dan terarah.
Model pakaian seragam pramuka penggalang putra terbaru mengalami sedikit perubahan dibandingkan pakaian seragam pramuka penggalang putra terdahulu. Sesuai dengan Jukran Pakaian Seragam Pramuka berdasarkan SK Kwarnas Nomor 174 Tahun 2012, perbedaan itu terutama terdapat pada celana pramuka penggalang yang ditambahkan sepasang saku timbul di bagian kanan dan kiri.

Bagaimana model dan ketentuan pakaian seragam pramuka untuk penggalang putra sesuai dengan SK Kwarnas Nomor 174 Tahun 2012 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Pramuka akan kita bahas di sini.

Seragam Pramuka Penggalang Putra

Yang perlu dipahami, pakaian seragam pramuka terdiri atas 4 jenis yang terdiri atas Pakaian Seragam Harian, Pakaian Seragam Kegiatan, Pakaian Seragam Upacara, dan Pakaian Seragam Khusus (terdiri atas: Pakaian Seragam Muslim dan Pakaian Seragam Tambahan). Untuk Pakaian Seragam Kegiatan dapat  disesuaikan dengan kondisi dan kreatifitas masing-masing gudep. Sedangkan Pakaian Seragam Upacara hanya dikenakan oleh anggota Pramuka Dewasa saja. Karena itu pada artikel ini hanya akan dibahas dua jenis pakaian seragam pramuka yaitu Pakaian Seragam Harian dan Pakaian Khusus Muslim bagi pramuka penggalang putra.

Gambar Model Pakaian Seragam Harian Penggalang Putra

Pakaian Seragam Harian adalah pakaian yang dikenakan anggota Gerakan Pramuka pada waktu melakukan kegiatan kepramukaan harian dan pada waktu mengikuti upacara. Berdasarkan SK Kwarnas Nomor 174 Tahun 2012 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam, model dan gambar Pakaian Seragam Harian untuk pramuka penggalang putra adalah sebagai berikut:

Gambar Model Pakaian Seragam Harian Pramuka Penggalang Putra

Penjelasan Pakaian Seragam Harian Penggalang Putra

Penjelasan mengenai Pakaian Seragam Harian untuk pramuka penggalang putra disertakan dalam SK Kwarnas Nomor 174 Tahun 2012 Bab V Point 1b. Penjelasan secara detailnya adalah sebagai berikut:
  1. Tutup Kepala:
    1. dibuat dari bahan warna coklat tua.
    2. berbentuk baret.
    3. dikenakan dengan tepi mendatar, bagian atasnya ditarik miring ke kanan.
  2. Baju:
    1. dibuat dari bahan warna coklat muda.
    2. lengan pendek.
    3. memakai lidah bahu lebar 3 cm.
    4. kerah baju model kerah dasi.
    5. kancing baju di depan berwarna sama dengan bajunya.
    6. memakai dua saku tempel di dada kanan dan kiri dengan lipatan luar selebar 2 cm di tengah saku dan diberi tutup bergelombang.
    7. dimasukkan ke dalam celana.
  3. Celana:
    1. dibuat dari bahan warna coklat tua.
    2. berbentuk celana pendek.
    3. memakai ban pinggang dan tempat ikat pinggang (brattle) selebar 1 cm.
    4. memakai saku dalam di samping kanan dan kiri.
    5. memakai saku tempel di bagian belakang kanan dan kiri dengan lipatan luar selebar 2 cm dan diberi tutup.
    6. memakai saku timbul di bagian samping kanan dan kiri dengan lipatan dalam ditengah saku dan diberi tutup (ukuran saku disesuaikan dengan besar badan pemakai).
    7.  memakai ritsleting di bagian depan.
    8. memakai ikat pinggang berwarna hitam.
    9. panjang celana sampai lutut.
  4. Setangan Leher:
    1. dibuat dari bahan warna merah dan putih.
    2. berbentuk segitiga sama kaki;
      1. sisi panjang 100-120 cm dengan sudut bawah 90ยบ (panjang disesuaikan dengan tinggi badan pemakai sampai di pinggang).
      2. bahan dasar warna putih dengan lis warna merah selebar 5 cm.
      3. setangan leher dilipat sedemikian rupa (lebar lipatan ± 5 cm) sehingga warna merah putih tampak dengan jelas, dan pemakaiannya tampak rapi.
    3. dikenakan dengan cincin (ring) setangan leher.
    4. dikenakan di bawah kerah baju.
  5. Kaos Kaki:
    1. panjang kaos kaki sampai betis.
    2. warna hitam.
  6. Sepatu:
    1. model tertutup.
    2. warna hitam.
  7. Tanda Pengenal terdiri dari:
    1. tanda topi dikenakan di baret sebelah kiri.
    2. papan nama dikenakan di baju bagian depan kanan di atas saku.

Gambar Model Pakaian Seragam Muslim Penggalang Putra

Pakaian Seragam Muslim adalah bagian dari Pakaian Seragam Khusus yang dikenakan oleh anggota pramuka beragama islam apabila situasi dan kondisi mengharuskannya. Adapun model dan gambar Pakaian Seragam Muslim untuk Penggalang Putra adalah sebagai berikut:

Gambar Model Pakaian Seragam Muslim Pramuka Penggalang Putra

Penjelasan Pakaian Seragam Muslim Penggalang Putra

Penjelasan mengenai Pakaian Seragam Muslim untuk pramuka penggalang putra disertakan dalam SK Kwarnas Nomor 174 Tahun 2012 Bab V Point 4.1. Penjelasan secara detailnya adalah sebagai berikut:
  1. Tutup kepala, berupa topi dengan tanda topi (sesuai dengan tingkatannya).
  2. Baju seperti pakaian seragam harian namun berlengan panjang.
  3. Celana panjang warna coklat tua.
  4. Setangan leher seperti setangan leher pakaian seragam harian.
  5. Kaos kaki dan sepatu model tertutup, berwarna hitam.
  6. Digunakan oleh anggota Gerakan Pramuka yang beragama Islam, apabila situasi mengharuskan.

Bagi adik-adik pramuka penggalang putra ataupun bagi kakak pembina penggalang pemahaman yang benar tentang detail dalam seragam pramuka terbaru ini sangat diperlukan. Sehingga saat membuat pakaian seragam pramuka nantinya dapat sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah digariskan dan ditetapkan dalam jukran pramuka tentang pakaian seragam pramuka yang baru ini.

Jika ingin mengunduh SK Kwarnas No. 174 Tahun 2012 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Pramuka, download di halaman (klik) SK dan PP Kwarnas. Sedangkan untuk Setangan Leher Pramuka Penggalang Putra baca: Setangan Leher Pramuka.
Bagaimana cara berpartisipasi dalam Jota dan Joti? Apa yang dilakukan jika ingin mengikuti kegiatan Jamboree on the Air (Jota) dan Jamboree on the Internet (Joti)? Padahal Jota-Joti 2013 (Jota Nasional ke-73 dan Joti Nasional ke-31 sekaligus 9th Asia Pacific Region Air / Internet Jamboree) akan segera dilaksanakan besok pada 2 - 4 Agustus 2013. Dan Jota-Joti Internasional akan dilaksanakan pada 19-20 Oktober 2013.

Untuk ikut berpartisipasi atau mengikuti kegiatan Jota dan Joti sebenarnya tidak sulit. Ada dua cara yang sama-sama mudahnya. Cara pertama adalah dengan memanfaatkan masing-masing Kwartir Cabang Gerakan Pramuka atau Dewan Kerja Cabang, sedangkan cara kedua adalah cara mandiri.

JOTA - JOTI (Jamboree On The Air - Jamboree On the Internet) sendiri merupakan salah satu kegiatan tahunan kepramukaan. Jota atau jambore di udara merupakan pertemuan antar pramuka sedunia dengan menggunakan sarana radio amatir, sedangkan Joti atau jambore di internet merupakan pertemuan antar pramuka (chat) dengan memanfaatkan sarana internet.

Stasiun Penyerta Jota-Joti (Foto: Grup FB DKC Kab. Pati)

Melalui Kwarcab dan DKC

Jika ingin berpartisipasi dalam kegiatan Jota dan Joti baik tingkat Nasional, Regional (Asia Pasifik) maupun tingkat dunia, cara yang pertama adalah memanfaatkan keberadaan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) dan Dewan Kerja Cabang (DKC) yang ada di masing-masing kota atau kabupaten. Kwarcab dan DKC se-Indonesia akan membentuk stasiun Jota dan Joti di masing-masing kota atau kabupaten. Setiap pramuka yang ingin mengikuti Jamboree on the Air (Jota) dan Jamboree on the Internet (Joti) tinggal mendatangi stasiun ini dan nantinya akan dipandu oleh kakak-kakak operator dari Dewan Kerja Cabang mulai dari proses registrasi hingga pelaksanaannya.

Dengan mengikuti Jota dan Joti dari stasiun yang didirikan oleh Kwarcab dan DKC ini setiap peserta selain mendapatkan panduan dan bimbingan selama kegiatan pun akan mendapatkan piagam kegiatan dan Tanda Ikut Serta Kegiatan atau Tiska yang dikeluarkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Jota Joti Mandiri

Selain memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka dan Dewan Kerja Cabang di masing-masing kota dan kabupaten, para pramuka pun bisa mengikuti Jota dan Joti secara mandiri. Mengikuti Jota-Joti secara mandiri berarti seluruh proses dilakukan secara mandiri. Mulai dari proses pendaftaran (registrasi), panduan-panduan, dan sewaktu persiapan hingga pelaksanaannya pramuka bisa memanfaatkan situs resmi Jota-Joti yang disediakan oleh WOSM.

Langkah-langkah pendaftaran sila baca artikel: Cara Registrasi Peserta Jota-Joti

Peserta Jota-Joti Internasional secara mandiri dapat memperoleh piagam penghargaan dengan cara memprint piagam online yang diberikan melalui situs jota-joti.

Nah itulah dua pilihan untuk ikut berpartisipasi dalam Jamboree on the Air (Jota) dan Jamboree on the Internet (Joti) baik memanfaatkan fasilitas Kwarcab dan DKC ataupun mengikutinya secara mandiri. Jika memilih cara pertama, segeralah menghubungi Kwartir Cabang Gerakan Pramuka di tempat masing-masing.
Yel pramuka sholawat pramuka merupakan sebuah yel dengan lagu sholawat ala pramuka. Lagu yel pramuka ini memparodikan lagu Mari Sholawat milik grup band terkenal Indonesia, Wali Band. Lirik lagu yel ini rada mirip dengan lagu aslinya. Bahkan pada beberapa bagian, terutama bait sholawat nabinya disengaja tetap sama dengan lirik aslinya.

Dengan lagu yel yang diselingi sholawat nabi ini pastinya akan menambah khasanah perbendaharaan yel dalam latihan pramuka. Pun adik-adik pramuka bisa bernyanyi, bergembira dengan yel pramuka sembari mendendangkan sholawat yang termasuk salah satu ibadah. Sehingga selain bergembira pun para pramuka dapat mengamalkan kode kehormatan (Dharma Pramuka) yang pertama, Takwa Kepada Tuhan yang Maha Esa.

Lagu yel pramuka sholawatan

Lirik Lagu Yel Sholawatan Pramuka

Lirik selengkapnya dari lagu yel pramuka dengan judul Sholawatan Pramuka ini adalah sebagai berikut:

Sholawatan Pramuka

Dari pada kita pacaran
Lebih baik kita latihan
Dari pada tidur di rumah
Mending kita pergi berkemah

Boleh kita dekat-dekatan
Saat kita sedang latihan
Tapi jangan dekat-dekatan
Kalau hanya curi kesempatan

Sholatullah salamullah
‘Ala Thoha Rasulillah
Sholatullah salamullah
‘Ala Yasin Habibillah

Tawasalna bibismillah
Wa bilhadi Rasulillah
Wa kulli mujahidin lillah
Bi ahlil badri, Ya Allah

Dari pada kita pacaran
Lebih baik kita latihan
Dari pada tidur di rumah
Mending kita pergi berkemah

Sudahlah kawan lupakan
Paling penting persahabatan
Sambil kawan tekun latihan
Mari kita sholawatan

Video Lagu Yel Sholawatan Pramuka

Untuk versi video dari lagu yel pramuka berjudul Sholawatan Pramuka ini sebelumnya telah Kakak unggah ke situs berbagi video youtube. Dalam posting kali ini, video tersebut disematkan sehingga bisa ditontong langsung di sini. Caranya cukup dengan mengklik tanda segitiga di tengah-tengah video berikut:


Itulah lagu yel pramuka hasil parodi lagu Mari Sholawat yang diciptakan dan dipopulerkan oleh grup band tenar Indonesia, Wali Band. Mengingat populernya lagu ini, kakak yakin, lagu yel ini akan langsung dimengerti dan bisa dinyanyikan oleh semua kalangan.
Cara cepat membaca morse metode Tabel Morse adalah salah satu metode membaca dan menghafal kode morse secara cepat dan mudah. Dengan menggunakan metode Tabel Morse ini, membaca dan menghafalkan kode morse bisa dilakukan dan dipelajari dengan mudah dan cepat.

Kode morse atau kerap disebut sebagai sandi morse merupakan kode berupa garis dan titik sebagai pengganti huruf, angka, tanda baca, dan perintah yang digunakan pada pengiriman dan penerimaan berita komunikasi. Kode morse diciptakan oleh Samuel F.B. Morse dan Alfred Vail pada tahun 1835.

Dalam kepramukaan, kode morse diajarkan sebagai salah satu teknik kepramukaan dalam menyampaikan berita di samping semaphore. Kode morse bersama dengan semaphore diujikan sebagai salah satu point dalam SKU Pramuka Penggalang mulai dari SKU Penggalang Ramu, SKU Penggalang Rakit, dan SKU Penggalang Terap (semuanya terdapat di point 25).

Pramuka tengah serius membaca kode morse

Kemampuan mengirim dan menerima berita dengan menggunakan morse pun diujikan dalam berbagai Syarat Kecakapan Khusus seperti SKK Juru Semboyan, SKK Komunikasi, SKK Navigasi Laut, SKK Juru Isyarat Bendera, SKK Juru Isyarat Listrik, serta SKK Juru Isyarat Optik bagi pramuka siaga, penggalang, penegak, hingga pandega. Kode morse pun sering kali dijadikan sandi semisal sandi rumput, sandi kimia, sandi lele, dan lain-lain.

Cara cepat Membaca Morse Metode Tabel

Banyak metode yang bisa digunakan dalam mempelajari teknik kepramukaan morse secara mudah dan cepat. Berbagai cara cepat dan metode dalam mempelajari morse yang sering digunakan antara lain metode koch, metode substitusi, metode pengelompokan, hingga kode tabel dan lagu morse. Kali ini kita akan mempelajari salah satu cara menghafal dan membaca morse dengan cepat menggunakan metode tabel morse.

Cara membaca morse dengan menggunakan metode Tabel Morse adalah dengan memanfaatkan tabel morse sebagai berikut:

Tabel Morse

Cara Menggunakan Tabel Morse

Petunjuk cara menggunakan tabel morse sebagai mana gambar di atas cukup gampang dan mudah. Caranya adalah:
  1. Tabel di atas terbagi menjadi 4 baris yang masing-masing baris memiliki jumlah kotak (kolom) yang berbeda.
  2. Masing-masing kotak bertuliskan huruf alfabet.
  3. Masing-masing kotak didasari dengan dua warna yang berbeda yaitu hitam dan putih. Kotak berwarna putih menunjukkan kode titik ( . ) sedangkan kotak berwarna hitam menunjukkan kode strip ( - ).
  4. Baca dari baris atas ke bawah. Artinya isyarat kode pertama menunjuk baris pertama, isyarat kode kedua menunjuk baris kedua dan seterusnya.
  5. Kotak dengan kode terakhir itulah yang menunjukkan huruf morse. 
  6. Contoh cara membaca morse dengan menggunakan tabel morse:
    • Kode morse yang diberikan adalah " --.. "; 
      • kode pertama strip (-) maka tunjuk baris paling atas yang berwarna hitam (kotak sebelah kiri) yaitu kotak "T"; 
      • kode ke-2 strip (-) maka tunjuk baris kedua di bawah kotak "T" yang berwarna hitam yaitu kotak "M"; 
      • kode ke-3 titik (.) maka tunjuk baris ketiga di bawah kotak "M" yang berwarna putih yaitu "G"
      • kode ke-4 titik (.) maka tunjuk baris keempat di bawah kotak "G" yang berwarna putih yaitu "Z"
      • Kode terakhir inilah yang menunjukkan huruf morse sehingga " --.. " terbaca sebagai huruf "Z"
    • Kode morse yang diberikan adalah " .-. ";
      • kode pertama titik (.) maka tunjuk baris pertama yang berwarna putih yaitu kotak "E";
      • kode ke-2 strip (-) maka tunjuk baris kedua di bawah kotak "E" yang berwarna hitam yaitu kotak "A"
      • kode ke-3 titik (.) maka tunjuk baris ketiga di bawah kotak "A" yang berwarna putih yaitu kotak "R"
      • karena hanya tiga kode maka berhenti pada baris ketiga. Sehingga " .-. " terbaca sebagai huruf "R".
Berlatih mengirim dan membaca serta menghafal kode morse atau sandi morse kini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat dengan menggunakan metode Tabel Morse. Dan perlu disampaikan sekali lagi bahwa metode ini bukanlah satu-satunya metode dalam mempelajari morse. Masih terdapat berbagai metode lain yang mungkin malah lebih mudah dan cepat jika digunakan dalam mempelajari dan menghafalkan morse.
Setangan leher pramuka, ukuran, dan cara memakai atau melipat. Setangan leher pramuka biasa disebut juga sebagai hasduk dulunya hanya dikenakan oleh pramuka putra sedangkan bagi pramuka putri mengenakan pita leher. Namun seiring diberlakukannya Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Pramuka Nomor 174 Tahun 2012, kini setangan leher (hasduk) dikenakan oleh pramuka putra maupun putri.

Setangan leher pramuka merupakan salah satu bagian dari pakaian seragam pramuka pun termasuk bagian dari Tanda Umum dalam Tanda Pengenal Gerakan Pramuka. Setangan leher berupa kain berbentuk segitiga sama kaki dengan salah satu sudut bersudut 90 derajat. Bahan dasar berwarna putih dengan sepanjang sisi kaki segitiga diberikan lis berwarna merah selebar 5 cm.


Bentuk dan Bahan Setangan Leher

Setangan leher pramuka yang dikenakan oleh pramuka baik putra maupun putri mempunyai bentuk yang sama. Setangan leher pramuka dibuat dari bahan kain berwarna merah dan putih. Bentuk setangan leher pramuka adalah segitiga sama kaki dengan sudut antara dua kaki segitiga sebesar 90 derajat atau siku-siku.

Dasar setangan leher menggunakan kain berwarna putih dengan pemberian lis berwarna merah pada masing-masing sisi kaki segitiga. Sisi panjang segitiga tidak menggunakan lis warna merah. Lebar lis warna merah tersebut adalah 5 cm.


Ukuran Setangan Leher

Ukuran setangan leher pramuka dibedakan berdasarkan golongan usia anggota pramuka. Yang menjadi tolok ukur pembeda adalah panjang sisi terpanjang atau sisi alas dari segitiga sama kaki. Karena itu panjang kedua sisi kaki akan menyesuaikan dengan panjang sisi alas.

Meskipun demikian, ukuran panjang sisi terpanjang tersebut tidak mutlak harus diikuti. Karena yang terpenting, setelah setangan leher tersebut dilipat dan dikenakan, ujung setangan leher bisa mencapai pinggang pemakainya. Dengan kata lain panjang setangan leher harus disesuaikan dengan tinggi badan pemakai.

Adapun ukuran sisi terpanjang setangan leher sebagai mana disebutkan dalam PP No. 174 Tahun 2012 untuk masing-masing golongan anggota pramuka adalah sebagai berikut:
  1. Setangan leher untuk anggota pramuka siaga putra dan putri sisi panjang berukuran 90 cm
  2. Setangan leher untuk anggota pramuka penggalang putra dan putri sisi panjang berukuran antara 100 - 120 cm.
  3. Setangan leher untuk anggota pramuka penegak dan pandega putra dan putri sisi panjang berukuran antara 120 - 130 cm.
  4. Setangan leher untuk anggota pramuka dewasa (pembina pramuka, andalan, dan anggota Majlis Pembimbing) putra maupun putri sisi panjang berukuran antara 120 - 130 cm.

Ukuran setangan leher tersebut berlaku pada pakaian harian pramuka, pakaian seragam kegiatan, pakaian seragam upacara, maupun pakaian seragam khusus (pakaian seragam muslim dan pakaian seragam tambahan).

Cara Melipat Setangan Leher

Cara melipat setangan leher pramuka atau hasduk baik bagi anggota pramuka putra maupun putri dari semua golongan anggota pramuka (siaga, penggalang, penegak, pendega, maupun anggota dewasa) adalah sama. Pun cara melipat setangan leher untuk jenis pakaian harian pramuka, pakaian seragam kegiatan, pakaian seragam upacara, maupun pakaian seragam khusus (pakaian seragam muslim dan pakaian seragam tambahan) pun sama.

Sesuai dengan Jukran Pakaian Seragam Pramuka Nomor 174 Tahun 2012, setangan leher dilipat dengan cara melipat sisi terpanjang dari setangan leher sedemikian rupa dengan dengan lebar lipatan sekitar 5 cm sehingga warna merah dan putih tampak dengan jelas. Pada bagian sudut siku-siku disisakan sedikit sehingga membentuk bagian segitiga.

Cara Memakai Setangan Leher Pada pakaian Seragam Pramuka

Setangan leher dikenakan secara rapi pada pakaian seragam pramuka untuk berbagai jenis seragam mulai dari pakaian harian pramuka, pakaian seragam kegiatan, pakaian seragam upacara, hingga pakaian seragam khusus (pakaian seragam muslim dan pakaian seragam tambahan).

Cara pemakaiannya sama baik pada berbagai golongan anggota, jenis kelamin (putra atau putri), maupun jenis seragam. Cara pemakaiannya adalah sebagai berikut:
  • Sudut siku-siku yang disisakan saat melipat dikenakan dibagian belakang baju.
  • Sisanya dilingkarkan di bawah kerah baju dengan kedua ujungnya menggantung dari bawah leher depan (kerah baju) hingga pinggang.
  • Pada bagian di bawah leher depan (kerah baju) diikat dengan menggunakan cincin (ring) setangan leher.
  • Pemakaiannya diatur sedemikian rupa sehingga warna merah dan putih tampak rapi.
  • Bagi anggota putri yang mengenakan pakaian seragam muslim jika kerudung atau jilbab dikenakan di luar baju (tidak dimasukkan) sehingga kerah baju tidak terlihat, setangan leher dikenakan di luar kerudung sehingga tidak dikenakan di bawah kerah baju.
  • Saat mengenakan pakaian seragam tambahan semisal jas, blazer, rompi, atau jaket, setangan leher harus tetap terlihat.
  • Calon anggota Gerakan Pramuka yang belum dilantik atau dikukuhkan tidak berhak mengenakan setangan leher. Sehingga saat mengenakan seragam pramuka hanya mengenakan pakaian seragam tanpa setangan leher, tutup kepala, dan tanpa mengenakan tanda pengenal Gerakan Pramuka lainnya.
Itulah setangan leher pramuka atau kerap disebut sebagai hasduk mulai dari pengertian, bentuk, bahan, ukuran, cara melipat, serta cara mengenakan (memakai). Sebagai kelengkapam dari pakaian seragam pramuka dan termasuk bagian dari Tanda Umum dalam tanda pengenal Gerakan Pramuka, sudah selayaknya kita mengenal dan memperlakukannya dengan benar.