ATAS (Asosiasi Pramuka Garuda Dunia)

Alam Endah | 5:30 PM | 4 comments

ATAS atau Asosiasi Pramuka Garuda Dunia (WOSM's Association of Top Achiever Scouts) merupakan asosiasi pramuka dengan predikat atau golongan tertinggi di seluruh dunia. Atau bisa dikatakan, ATAS merupakan Asosiasi Pramuka Garuda sedunia.

Pramuka Garuda sendiri di beberapa negara mempunyai sebutan nama yang berbeda seperti Pengakap Raja (Malaysia), Eagle Scout (Filipina, Amerika Serikat), Pengakap Sultan (Brunei Darussalam), Tiger Scout (Korea), King Scout (Singapura), Fuji Scout (Jepang), Queen's Scout dan Queen's Guide (Australia), Dragon Scout (Hongkong), dan Rashtrapati Scout dan Rashtrapati Guide (India).

Anggota ATAS Indonesia berfoto bersama Ketua Kwarnas dan Chairman ATAS Dunia (Foto: Grup FB ATAS Indonesia) 

Sejarah Pendirian ATAS

Pada awalnya, ATAS dibentuk sebagai organisasi untuk mempersatukan pramuka dengan golongan tertinggi di wilayah Asia Pasifik saja. Pembentukan dilaksanakan saat Asia-Pasifik Regional Scout Conference ke 21 di Brunei Darussalam (6 - 11 Desember 2004). Pada pertemuan itu, tepatnya pada 10 Desember 2004, sebanyak 41 pramuka dari 16 Negara peserta 21st APR Scout Conference sepakat untuk membentuk ATAS (WOSM's Association of Top Achiever Scouts atau Asosiasi Pramuka Garuda Dunia). 

Pada Juli 2004, ATAS yang semula hanya ditujukan pada pramuka di negara Asia Pasifik selanjutnya diakui oleh WOSM dan diperuntukkan bagi pramuka garuda di seluruh dunia. kata  'atas' sendiri selain merupakan akronim (singkatan) juga diambil dari bahasa Melayu yang mempunyai arti 'tinggi'.

Keorganisasian ATAS

ATAS dibentuk dengan tujuan antara lain:
  • Memperkuat persuadaraan anggota serta melanjutkan hubungan yang kuat antar sesama anggota seluruh dunia. 
  • Membantu serta mendukung tugas kerja Gerakan Pramuka dari seluruh dunia. 
  • Membangun hubungan yang kuat sesama anggota dalam rangka saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.
Keorganisasian dari asosiasi ini terdiri atas Chairman, Vice Chairman, Sekretaris, Bendahara, Direktur Progam, dan Direktur Keanggotaan. Chairman ATAS saat ini adalah Simon Hang-Bock Rhee. Sedangkan keorganisasian ATAS di Indonesia (liason officer) dikelola oleh Kak Rio Ashadi sebagai ATAS Coordinator for Indonesia dan Kak Ari Wijanarko sebagai Executive Secretary ATAS Indonesia.

Logo ATAS

Logo atau lambang ATAS berupa persegi panjang berwarna ungu dengan tulisan "ATAS" dan gambar "Fleur-De-List" yang melambangkan WOSM, gambar matahari dengan 10 sinar yang melambangkan  10 Scout Law atau Dharma Pramuka, dan tiga ombak air yang melambangkan  3 Scouts Promises (Satya Pramuka).

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan olehs ATAS meliputi; partisipasi kegioatan tingkat dunia dan regional; National Leadership Camp; National Garuda Youth Forum (Indonesia); Seminar; Pelatihan; Youth Gathoree; Perkemahan; dan lain sebagainya.

Anggota, Registrasi Anggota, dan Inagurasi

Keanggotaan ATAS terbuka bagi semua pramuka pramuka di seluruh dunia, yang telah meraih penghargaan tertinggi di masing-masing negara yang menjadi anggota WOSM (World Association of the Scout Movement) ataupun WAGGGS (World Association of Girl Guides and Girl Scouts) dengan usia minimal pramuka penggalang.

Syarat dan cara registrasi menjadi anggota ATAS cukup mudah dan gratis. Mekanisme registrasi atau pendaftaran anggota ATAS adalah sebagai berikut:
  1. Mengisi formulir dan berkas registrasi yang dilengkapi dengan:
    • Scan Formulir Pendaftaran
    • Soft Copy Foto Diri
    • Scan Piagam Pramuka Garuda
    • Scan Kartu Tanda Anggota Pramuka
    • Scan Tanda Tangan Diri
  2. Kirimkan formulir dan berkas pendaftaran ke email: indonesia.atas@gmail.com
  3. Formulir dan berkas registrasi kemudian dicek kelengkapan dan keasliannya oleh liason officer ATAS Indonesia.
  4. Setelah lengkap, berkas dikirim ke Direktur Keanggotaan ATAS Dunia.
  5. ATAS Dunia menerbitkan nomor anggota.
Nomor anggota dikirimkan oleh ATAS Dunia bersama ucapan selamat via email. Sedangkan untuk bagde ATAS akan diberikan pada saat pelaksanaan inagurasi (pelantikan) atau acara gathering ATAS oleh pengurus ATAS Dunia.

Untuk mendapatkan formulir pendaftaran dan informasi lebih lanjut, bisa menghubungi email ATAS Indonesia di: indonesia.atas@gmail.com. Atau bergabung dengan grup facebook ATAS Indonesia di: www.facebook.com/groups/56448801890 atau ATAS Dunia di: www.facebook.com/groups/136916843061550.

Referensi: Grup Facebook ATAS Indonesia;  www.atasapr.org;
Bagikan :

Category : , ,

About PramukaRia.blogspot.com :
PramukaRia.blogspot.com adalah situs pramuka, Gerakan Pramuka, dan kepramukaan. Mencoba menjadi media komunikasi dan pembelajaran kepramukaan antar sesama pramuka di Indonesia!

4 comments :

  1. untuk menjadi pramuka garuda aTas mesti mahir bahsa inggris tidak...

    ReplyDelete
  2. ka bagaimana cara mendaftarkan diri utk mnjdi ATAS ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Achmad Sanusi: Langsung saja menghubungi alamat email seperti tercantum di paragraf terakhir itu.

      Delete
    2. @Alam Endah : sudah ka tapi tidak ada konfirmasi lebih lanjut

      Delete